Cara Mengatasi Kanibalisme Pada Udang - Petani Air
Blogger Jateng

Cara Mengatasi Kanibalisme Pada Udang


Udang merupakan salah satu biota air yang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda sendiri dibandingkan biota perairan lainnya jika dilihat dari segi biologi.

Udang memiliki beberapa sifat unik seperti, udang adalah makhluknocturnal dan makhluk fotoaksis negative. Selain memiliki sifat unik ternyata udang juga memiliki ciri khas yang umumnya terjadi pada semua jenis udang, yaitu kanibalisme (memakan sesama).

Umumnya udang dan semua jenis bangsa krustasae bersifat kanibal, yaitu memangsa sesama jenis. Hal yang paling sering di jumpai seperti udang yang sedang dalam proses ganti kulit dimangsa oleh udang lain yang normal. Dan juga udang yang berukuran lebih kecil dimakan oleh udang yang lebih besar, hal ini terjadi biasanya jika udang dalam kondisi kurang makan.

Di dalam budidaya udang khususnya tambak/kolam suatu kanibalismejuga sering terjadi yang di sebabkan oleh 2 faktor :

  • Pakan yang diberikan pada udang tidak memenuhi tingkat kebutuhan udang (udang kekurang makanan), sehingga udang memangsa sesama.
  • Di dalam 1 perairan tambak memiliki tingkat keseragaman udang, yaitu banyaknya perbedaan ukuran udang, sehingga memunculkan sifat kanibalisme udang yang memangsa sesama terutama yang lebih lemah.
Tidak ada cara untuk mengobati sifat kanibalisme pada udang, namun para pembudidaya dapat meminimalisirnya dengan cara-cara pencegahan yang tepat.

Berikut beberapa cara untuk meminimalkan kanbalisme pada udang :

  • Perhatikan secara baik benur sebelum tebar, benur haruslah memiliki keseragaman yang relative sama, agar peristiwa memangsa udang yang lebih lemah tidak terjadi (udang yang lebih besar memangsa udang yang lebih kecil).
  • Miliki strategi program pemberian pakan yang terencana dengan baik, Salah satunya dengan mengikuti tingkat kebutuhan udang berdasarkan hasil pengamatan yang cermat dan teliti. 
  • Berikan pakan yang sehat dari mulai benur hingga dewasa, sepertiArtemia ArcystArtemia MackayP. Monodon.
  • Berikan juga pakan tambahan dan suplemen untuk udang seperti, Aqua-vitSuperzyme agar udang memiliki imunitas yang baik, sehingga tidak mudah terserang virus.
  • Perhatikan selalu pencernaan dan tinja udang, hal ini dilakukan untuk mendeteksi awal terjadinya proses kanibalisme yang akan terjadi dan yang telah terjadi.

Sebaiknya para pembudidaya udang memahami sifat alami kanibalisme antar udang, sehingga bisa menyiapkan strategi yang tepat untuk ke depannya dalam berbudidaya dan bisa mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Semoga bermanfaat.

sumber: ISW.co.id

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kanibalisme Pada Udang"