Cara mengobati Penyakit Umum Pada Ikan Lele - Petani Air
Blogger Jateng

Cara mengobati Penyakit Umum Pada Ikan Lele


Di dalam budidaya ikan ataupun udang, masalah penyakit dan virus merupakan hal yang paling sering menimpa para pembudidaya. Penyakit dan virus tersebut jika tidak ditanggulangi dengan cepat dan serius bahkan bisa menyebabkan para pembudidaya gagal panen, sehingga menyebabkan para pembudidaya merugi.

Di dalam budidaya ikan lele penyakit yang menyerang tentu sama saja dengan ikan-ikan air tawar  lainnya, ikan lele sering terserang penyakit umum yang disebabkan oleh parasite, jamur, ataupunbakteri pathogen seperti penyakit bintik putih, bintik merah, sirip luka, tubuh belang-belang, pendarahn insang,  hingga ikan lele yang mengambang.

Penyakit-penyakit tersebut jika tidak di atasi ataupun di cegah akan menyebabkan banyak kerugian bagi para pembudidaya, bahkan sampai menyebabkan gagal panen.

Untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit yang disebutkan tadi ada satu produk antibiotic untuk ikan lele yang sangat ampuh mengobati penyakit-penyakit tersebut, Nama produknya PIDAS Simba Plus (Pemberantas Penyakit Lele).

PIDAS Simba Plus adalah antibiotik khusus untuk ikan lele yang bersifat mikrobiosidal (berdaya bunuh tinggi terhadap penyakit ikan).

PIDAS Simba Plus berisi kandungan enrofloxacine yang sangat efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit lele, baik yang disebabkan oleh parasite ataupun jamur.

Beberapa jenis Penyakit ikan lele yang terbukti sudah terobati oleh PIDAS Simba Plus antara lain: Penyakit Bintik Putih (white Spot), Bintik Merah (Red Spot), Sirip Luka, Tubuh Lele Yang Belang-Belang, Pendarahan Insang, Ikan yang mengambang di permukaan, dan lainnya.

Petunjuk Pemakain PIDAS Simba Plus:
  • Tuangkan 1-2 tutup botol PIDAS ke dalam seperempat liter air.
  • Aduk sebentar lalu di kocokkan (rendam) pada 1-2 kilogram pakan pellet.
  • Biarkan dahulu sebentar selama 5 menit sampai larutan meresap dan pakan mengambang, setelah itu diberikan pada kolam tempat ikan lele di pelihara.
  • Jika ikan lele tidak mau memakannya, PIDAS bisa langsung di guyur ke air kolam.
  • Pemberian PIDAS dilakukan pagi dan sore selama 3 hari.

PIDAS Simba Plus 100 ml juga sangat bagus diberikan pada saat pemberian pellet pertama kali sebagai imunisasi lele terhadap penyakit-penyakit umum yang sering menyerang lele.

Sumber: isw.co.id

Posting Komentar untuk "Cara mengobati Penyakit Umum Pada Ikan Lele"